Untuk Meningkatkan Kemampuan Penelitian Mahasiswa, Program Studi Ekonomi Syariah Program Magister adakan Pelatihan Olah Data Statistik Smart PLS

Program Studi Ekonomi Syariah Program Magister Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan mengadakan Training Olah Data Statistik SMART PLS, Sabtu, 12 Juni 2021, di Aula Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan. Kegiatan ini, dengan tema “Upgrade Statistic Tool for Higher Quality Research”, diikuti oleh Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Program Magister Angkatan I (Tahun Akademik 2020/2021) sebanyak 26 orang, yang terdiri dari dua kelas. Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Pascasarjana, Dr. Erawadi, M. Ag. dan Ketua Program Studi Ekonomi Syariah (S2), Dr. Rukiah, SE. M.Si.

Narasumber dalam penelitian ini adalah Bapak Ananda Anugrah, SE. M.Si, dosen dalam bidang Ekonomi yang sudah berpengalaman dengan sejumlah penelitian, khususnya penelitian kuantitatif. Smart PLS adalah toll olah data statistic terkini, yang memiliki kapasitas untuk memudahkan dalam pengolahan data dengan kombinasi variable laten dan multivarian, juga penelitian-penelitian yang kompleks dengan pembentukan constratc., papar narasumber.
Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Ekonomi Syariah, Dr. Rukiah, S.E., M.Si., menyatakan bahwa kegiatan ini diinisiasi, selain untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang penelitian secara umum, juga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas penelitian tugas akhir mahassiwa (Tesis). Selain itu, sekaligus sebagai ajang silaturahim diantara Civitas Akademika Pascasarjana, khususnya mahasiswa Ekonomi Syariah. Dengan kegiatan ini juga diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk menyelesaikan studinya tepat waktu. Dengan terlaksananya kegiatan ini bisa memberi motivasi dan antusiasme mahasiswa untuk terus berbenah meningkatkan kualitas diri mereka. Mengupgrade kemampuan meneliti melalui pemakaian aplikai-aplikasi berbasis statistik sebagai salah satu jalan untuk peningkatkan kualitas penelitian mahasiswa.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pascasarjana, Dr. Erawadi M.Ag mengapresiasi pelaksanaan kegiatan mandiri ini. “Untuk peningkatan mutu mahasiswa, sangat dibutuhkan ide-ide kreatif dan semangat kebersamaan, serta ikhlas dalam melaksanakan pelbagai aktivitas yang dapat menggairahkan suasana akademik, baik yang di dukung anggaran maupun tidak”. Pelatihan olah data statistik biasanya diperoleh melalui jasa pelatihan olah data statistik dan memakan biaya yang lumayan mahal, tapi beruntung kegiatan ini dapat terlaksana atas inisiatif mahasiswa sendiri, tanpa biaya DIPA IAIN Padangsidimpuan. Direktur Pascasarjana juga berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkala dengan tema dan aplikasi statistik lainnya, sehingga muncul karya-karya ilmiah mahasiswa yang dipublikasikan pada jurnal nasional dan internasional guna menuju Akreditasi Program Studi Ekonomi Syariah yang Unggul.