Komunikasi dan Penyiaran Islam


Sejarah Berdiri

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam merupakan studi lanjut tingkat Magister. Program studi ini merupakan pengembangan dari Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam untuk strata satu di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Meskipun begitu, Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam untuk Program Magister yang diselenggarakan oleh Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan dapat dipilih oleh alumni sarjana yang lulus dari semua program studi di lingkungan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

Dengan telah diraihnya Akreditasi A untuk Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam di level sarjana, maka pihak Pascasarjana mendapatkan izin untuk membuka program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam untuk level Magister. Alhamdulillah, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Program Magister Pascasarjana UIN Syahada Padangsidimpuan disetujui. Hal ini didasarkan kepada Keputusan Menteri Agama RI Nomor: 752 tanggal 22 Juli 2021 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam untuk Program Magister pada Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan.

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Program Magister Pascasarjana UIN Syahada Padangsidimpuan memulai penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022. Alhamdulillah, sampai tahun akademik 2023/2024 bertepatan dengan 2 Oktober 2023, jumlah mahasiswa aktif Prodi ini berjumlah 27 orang, dan satu ( 1 ) orang sudah lulus (alumni) di tahun 2023.

Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam per 2 Oktober 2023, telah dipimpin oleh dua orang Kaprodi (Ketua Program Studi), yaitu Dr. Mohd. Rafiq, S.Ag, M.A (2021-2023) dan Dr. Icol Dianto, S.Sos.I, M.Kom.I (Maret 2023 sd 2026).


Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam bidang pengembangan keahlian Komunikasi dan Penyiaran Islam berparadigma teoantropoekosentris (al-Ilahiyah, al-Insaniyah, al-Kauniyah)

Misi

  • Melaksanakan pendidikan dan pengajaran secara integratif-teoantropoekosentris untuk meningkatkan kemampuan filosofis, teoritis, dan praktis dalam ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam secara komprehensif dengan nilai-nilai multikultural.
  • Mengembangkan penelitian dan publikasi dalam bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam dengan pendekatan interkonektif atau multidisipliner hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  • Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dengan pendekatan community base research guna kepentingan akademik dan masyarakat.
  • Membangun hubungan kerja sama (networking) dengan lembaga-lembaga Komunikasi dan Penyiaran Islam, keagamaan, penelitian, dan pemangku kepentingan (stakeholders).

Tujuan

  • Menghasilkan Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam yang memiliki keahlian, penguasaan pengetahuan, dan kemampuan manajerial sebagai akademisi dalam bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam berbasis integratif-teoantropoekosentris.
  • Menghasilkan Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam yang memiliki kemampuan merencanakan, melaksanakan dan mempublikasikan serta mengelola hasil penelitian dalam bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam pendekatan interkonektif atau multidisipliner.
  • Menghasilkan Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam yang memiliki kemampuan mengawasi, mensupervisi, dan mengevaluasi dengan pendekatan manajemen mutu terpadu secara profesional dalam bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan, dan
  • Menghasilkan Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam yang memiliki kemampuan menganalisis dan memecahkan problematika Komunikasi dan Penyiaran Islam berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

Profil Lulusan

  • Akademisi di Bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam. MAGISTER SOSIAL yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidang Komunikasi dan Penyiaran serta mampu mengemban peran sebagai praktisi komunikasi dan penyiaran Islam dalam kehidupan sosial keagamaan, kebangsaan dan kenegaraan berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.
  • Peneliti di Bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam. MAGISTER SOSIAL yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu melaksanakan tugas penelitian dan pengembangan komunikasi dan penyiaran Islam berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian
  • Advokasi Kebijakan Media dan Komunikasi Penyiaran Islam. MAGISTER SOSIAL yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas advokasi¬† kebijakan media komunikasi dan penyiaran berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

Lama Studi

Lama perkuliahan di Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam adalah 4 semester atau dua tahun (normal), dan ada kemungkinan bisa tamat 1,5 tahun (prestasi luar biasa), dan maksimal/paling lama 8 semester (4 tahun).


Gelar Akademik – Magister Sosial ( M.Sos. )


Dosen Pengajar

Dr. Mohd. Rafiq, M.A
Dr. Ali Sati, M.A. Dr. Juni Wati Sri Rizki, S.Sos., M.A. Dr. Mohd. Rafiq, S.Ag., M.A. Dr. Sholeh Fikri, M.Ag.
Dr. Anas Habibi Ritonga, S.Sos.I., M.A. Dr. Icol Dianto, S.Sos.I., M.Kom.I.

Daftar Ketua Program Studi

Dr. Mohd. Rafiq, M.A
Dr. Mohd. Rafiq, S.Ag., M.A.
2021 – 2023
Dr. Icol Dianto, S.Sos.I., M.Kom.I.
2023 – sekarang

Kurikulum

Semester 1
No. Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS
1 1154101 Islam dan Multikultural 2
2 1154102 Hukum dan Etika Penyiaran 3
3 1254101 Penulisan Karya Ilmiah 2
4 1454101 Wawasan Komunikasi dalam Al-Qur’an dan Hadis 2
5 1454102 Filsafat Dakwah 2
6 1454103 Sejarah Media Dakwah di Indonesia 2
7 1454104 Sejarah Media Dakwah di Indonesia 2
Semester 2
No. Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS
1 1154203 Studi Islam Multidisipliner 2
2 1254203 Metodologi Penelitian Dakwah 3
3 1354201 Manajemen Media Dakwah 3
4 1454205 Teori Komunikasi 3
Semester 3
No. Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS
1 1354302 Komunikasi Pembangunan dan Lingkungan 3
2 1354303 Komunikasi Politik Islam 3
3 1354304 Islam, Budaya, dan Media 3
4 1354305 Media dan Perubahan Sosial Politik 3
5 145306 Sistem Komunikasi Islam 3
Semester 4
No. Kode Mata Kuliah Nama Mata Kuliah SKS
1 1254404 Tesis 6