Jumat, 18 Oktober 2024 Pascasarjana UIN Syahada Padangsidimpuan
Telepon
(0634) 22080
E-Mail
pascasarjana@uinsyahada.ac.id
Alamat
Jl. T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang, Padangsidimpuan
Seminar Ilmiah Pengembangan Pilantropi Islam Pascasarjana Program Magister 2022 – Pascasarjana UIN Syahada Padangsidimpuan

Seminar Ilmiah Pengembangan Pilantropi Islam Pascasarjana Program Magister 2022

Padangsidimpuan, 21 Mei 2022, Pascasarjana Program Magister IAIN Padangsidimpuan melaksanakan Seminar Ilmiah dengan tema “Optimalisasi Pengembangan Ziswaf bagi Pemberdayaan Ekonomi dan Pendidikan”. Acara ini dilaksanakan dengan blended (offline dan onilne). Narasumber hadir secara online melalui zoom dan peserta hadir di Aula Pascasarjana IAIN Padangsidimpuan. Acara ini diikuti oleh puluhan mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah dan Hukum Keluarga Islam Pascasarjana Program Magister IAIN Padangsidimpuan.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dang Pengembangan Lembaga, Dr. Erawadi, M.Ag., yang hadir melalui zoom. Acara ni juga dihadiri oleh Dr. Ikhwanuddin Harahap, M.Ag. (Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan), Dr. Fatahuddin Aziz Siregar, M.Ag. (Direktur Pascasarjana), Dr. Zulhimma, S.Ag., M.Pd. (Wakil Direktur Pascasarjana), dan juga Dr. Rukiah, M.Si. (Ketua Prodi Ekonomi Syariah ) yang bertindak sebagai penanggung jawab acara.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga dalam sambutannya menyatakan bahwa “Pengembangan Pilantropi islam yang terdiri dari Zakat,infaq sadaqoh dan wakaf ini sangat relevan untuk pengembangan ekonomi dan institusi kita ke depan, mengingat IAIN akan bertransformasi menjadi UIN”. Beliau juga menegaskan bahwa pengembangan Pilantropi ini harus dimotori oleh Pascasarjana dan khususnya Program Studi Ekonomi Syariah dan Hukum Keluarga Islam, beserta seluruh civitas akademika Pasacasarjana.

Narasumber yang diundang dalam kesempatan ini adalah Dr. Muhammad Yafiz, M.A. yang merupakan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara dan expert di bidang pengembangan Zakat Infaq Sedekah Wakaf. Alhamdulillah kegiatan secara keseluruhan berjalan lancar dan sukses.