Kamis, 21 November 2024 Pascasarjana UIN Syahada Padangsidimpuan
Telepon
(0634) 22080
E-Mail
pascasarjana@uinsyahada.ac.id
Alamat
Jl. T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang, Padangsidimpuan
Strategi Pencapaian Pascasarjana – Pascasarjana UIN Syahada Padangsidimpuan

Strategi Pencapaian Pascasarjana


Strategi Pencapaian

1.1.1.1 Penguatan sistem manajemen akademik dan non akademik yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.
1.1.2.1 Penyusunan dokumen akademik dan non-akademik berbasis akreditasi dengan pendampingan lembaga penjaminan mutu dan satuan pengawasan internal (SPI).
1.1.2.2 Pengembangan dan penguatan gugus penjaminan mutu (GPM) di tingkat fakultas/pasacasarjana dan unit penjaminan mutu (UPM) di tingkat program studi.
1.1.3.1 Peningkatan layanan dan aksesibilitas sistem administrasi kepegawaian, akademik dan non-akademik secara terintegrasi.
1.1.3.2 Peningkatan aksesibilitas dokumen akademik dan non-akademik berbasis sistem teknologi dan informasi terintegrasi.
1.1.4.1 Peningkatan rekognisi dan akreditasi program studi.
1.2.1.1 Perekrutan pendidik dan tenaga kependidikan yang saleh, moderat, unggul, profesional, cerdas, dan berintegritas.
1.2.1.2 Mendorong Pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengikuti pendidikan lanjut.
1.2.1.3 Akselerasi peningkatan jabatan fungsional dosen, khususnya jabatan fungsional guru besar.
1.2.2.1 Mendorong pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengikuti berbagai pelatihan, lokakarya, workshop, dan seminar.
1.2.2.2 Penguatan konsorsium keilmuan dosen.
1.2.3.1 Optimalisasi kegiatan monitoring dan evaluasi secara berkala.
1.2.3.2 Pembangunan karakter sumber daya manusia yang saleh, moderat, unggul, cerdas, dan berintegritas.
1.3.1.1 Penyediakan insfrastruktur jaringan yang terintegrasi berbasis LAN (Lokal Area Network) dan WAN (Wide Area Network).
1.3.1.2 Peningkatan kapasitas server dan bandwidth internet berbasis LAN (Lokal Area Network) dan WAN (Wide Area Network).
2.1.1.1 Optimalisasi peningkatan status kelembagaan menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Padangsidimpuan.
2.1.1.2 Peningkatan transformasi terencana menuju universitas Islam bertaraf internasional.
2.1.1.3 Perubahan pola pengelolaan keuangan menjadi Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU).
2.2.1.1 Pemenuhan prasarana gedung rektorat, gedung perkuliahan, gedung Ma’had Al-Jami’ah, perpustakaan, laboratorium, pusat bahasa dan budaya.
2.2.1.2 Pemenuhan Sarana pendidikan berbasis digital elektronik untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing dalam menyahuti dinamika globalisasi.
2.2.1.3 Penyediaan sarana riset, publikasi ilmiah, dan penerbit UIN Press.
2.2.1.4 Penyediaan sarana dan prasarana FGD, seminar, workshop, dan lokakarya berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
2.2.1.5 Penambahan sarana angkutan mahasiswa, pendidik, dan tenaga kependidikan.
2.2.1.6 Penyediaan sarana magang, PPL, PHL, PDL, dan desa binaan.
2.2.1.7 Pemenuhan sarana pusat informasi dan teknologi.
2.3.1.1 Optimalisasi perencanaan keuangan berbasis akreditasi dan rekognisi nasional dan internasional.
2.3.1.2 Optimalisasi layanan bidang keuangan yang cepat, transparan dan akuntabel untuk meningkatkan pelayanan manajemen, administrasi, dan mutu akademik.
2.3.2.1 Penambahan unit-unit bisnis untuk meningkatkan produktifitas dan daya saing dalam menyahuti dinamika globalisasi.
2.3.2.2 Optimalisasi profit unit-unit bisnis dengan peningkatan pelayanan dan kepuasan pelanggan atau penerima jasa/barang.
3.1.1.1 Peningkatan kuantitas dan kualitas kerja sama (networking) dengan lembaga-lembaga pendidikan, penelitian, sosial keagamaan, dan pemangku kepentingan (stakeholders).
4.1.1.1 Optimalisasi pembelajaran berbasis teoantropoekosentris (Al-Ilahiyah, Al-Insaniyah, Al-Kauniyah) untuk meningkatkan produktifitas dan daya saing pendidikan dalam menyahuti dinamika globalisasi.
4.1.1.2 Penyediaan pedoman/panduan pendidikan berbasis teoantropoekosentris (Al-Ilahiyah, Al-Insaniyah, Al-Kauniyah).
4.1.2.1 Penyediaan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dengan mengintegrasikan sistem Ma’had Al-Jami’ah serta pembinaan bahasa arab, inggris, mandarin, dan jepang.
4.1.2.2 Penyusunan bahan ajar dan rencana pembelajaran semester (RPS) terintegrasi berbasis teoantropoekosentris (Al-Ilahiyah, Al-Insaniyah, Al-Kauniyah).
4.1.3.1 Penambahan beban SKS dan optimalisasi pembelajaran bahasa asing mahasiswa (bahasa arab, inggris, mandarin, dan jepang) dalam perkuliahan untuk meningkatkan daya saing pendidikan dalam menyahuti dinamika globalisasi.
4.1.3.2 Pembinaan bahasa asing mahasiswa (bahasa arab, inggris, mandarin, dan jepang) di Ma’had al-Jamiah terintegrasi dengan perkuliahan bahasa.
4.1.3.3 Pembinaan bahasa asing dosen (bahasa arab, inggris, mandarin, dan jepang) untuk meningkatkan daya saing pendidikan dalam menyahuti dinamika globalisasi.
4.2.1.1 Pembinaan karakter mahasiswa yang saleh, moderat, cerdas, dan unggul untuk memperkuat moderasi beragama dan kerukunan umat beragama.
4.2.1.2 Pengembangan kepemimpinan mahasiswa yang saleh, moderat, cerdas, dan unggul melalui organisasi mahasiswa (ORMAWA), baik di tingkat institusi perguruan tinggi, maupun di tingkat fakultas/pascasarjana dan program studi.
4.2.2.1 Pembinaan dan pengembangan bakat, minat, dan kreatifitas mahasiswa berbasis karakter islami, budaya bangsa, dan kearifan lokal (Local Wisdom) melalui Ma’had al-Jamiah dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).
4.3.1.1 Pelatihan kewirausahaan (Interpreneurship) mahasiswa yang saleh, mandiri, kreatif dan inovatif untuk meningkatkan daya saing dalam menyahuti dinamika globalisasi.
5.1.1.1 Peningkatan penelitian dosen dalam rumpun ilmu keislaman, humaniora, sosial, dan alam berbasis teoantropoekosentris dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner.
5.1.2.1 Peningkatan penelitian kolaboratif dosen dan mahasiswa tingkat nasional dan internasional.
5.1.3.1 Peningkatan penelitian berbasis pengabdian dan pengabdian berbasis penelitian.
5.1.4.1 Peningkatan upaya motivasi dan fasilitasi pengusulan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) atau Hak Paten Penelitian, Karya Ilmiah, dan Karya Seni Dosen.
5.2.1.1 Peningkatan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah dosen pada publikasi nasional dan internasional untuk meningkatkan produktifitas dan daya saing pendidikan dalam menyahuti dinamika globalisasi.
5.2.1.2 Peningkatan kuantitas dan kualitas publikasi ilmiah mahasiswa pada publikasi nasional dan internasional untuk meningkatkan produktifitas dan daya saing pendidikan dalam menyahuti dinamika globalisasi.
5.2.1.3 Peningkatan suasana akademik dosen dan mahasiswa melalui kolaborasi kegiatan ilmiah.
5.2.1.4 Peningkatan pelibatan dosen dan mahasiswa dalam forum ilmiah di tingkat nasional dan internasional.
6.1.1.1 Peningkatan kuantitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat pada pendidik dan mahasiswa berbasis kebutuhan masyarakat (community based).
6.1.2.1 Peningkatan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan kolaborasi dosen dan mahasiswa bertaraf nasional dan internasional.