Nurhidayah Lubis, mahasiswi semester 3 program studi Tadris Matematika Pascasarjana UIN Syahada sekaligus guru matematika di SMA Negeri Matauli, Sibolga meraih prestasi dengan menjadi presenter dalam International Conference of Interdisciplinary Research and Studies in Mathematics (InCIResma) 2024. Konferensi internasional ini mengangkat tema “Transforming The World Future through Interdisciplinary Research in Mathematics to Support SDGs” dan diselenggarakan oleh Fakultas MIPA Universitas Negeri Surabaya pada 10 Agustus 2024.
Dalam kesempatan tersebut, Nurhidayah mempresentasikan artikel yang berjudul “Development of Interactive Learning Media Based on Artificial Intelligence to Improve Deaf Students’ Concept Understanding in Mathematics Learning.” Karyanya mendapat apresiasi karena menawarkan solusi inovatif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika bagi siswa tunarungu melalui media pembelajaran interaktif berbasis kecerdasan buatan. Selain mempresentasikan hasil penelitiannya, Nurhidayah juga aktif terlibat dalam diskusi panel dan sesi jaringan (networking) dengan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, sehingga tidak hanya memperdalam wawasan akademis dan praktisnya, tetapi juga memperkuat jejaring akademiknya di bidang yang sama. Konferensi ini dihadiri lebih dari 1.000 peserta dan mencakup berbagai sesi bertema perkembangan dunia pendidikan, mulai dari inovasi metode pengajaran hingga penerapan teknologi dalam pendidikan. Nurhidayah berharap bahwa partisipasinya dalam konferensi ini akan membuka peluang baru untuk mengembangkan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat, serta mendorong peningkatan mutu pendidikan dan kolaborasi penelitian antar-institusi di masa depan.
Artikel ini juga telah diterima untuk diterbitkan oleh AIP Publishing, penerbit terkemuka yang terindeks Scopus. Prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Nurhidayah, yang tidak hanya berperan sebagai mahasiswa dan peneliti, tetapi juga sebagai pendidik yang berdedikasi di SMA Negeri Matauli. Dengan pencapaiannya ini, Nurhidayah membuktikan bahwa guru Indonesia dapat berkontribusi dalam riset global untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) melalui pendidikan dan pengembangan teknologi di bidang matematika.