Jumat, 18 Oktober 2024 Pascasarjana UIN Syahada Padangsidimpuan
Telepon
(0634) 22080
E-Mail
pascasarjana@uinsyahada.ac.id
Alamat
Jl. T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang, Padangsidimpuan
Kolaborasi Internasional: Program Studi Tadris Matematika Pascasarjana UIN Syahada Padangsidimpuan Laksanakan Penelitian dan PKM di Sekolah Menengah Islam Al-Amin Gombak, Kuala Lumpur, Malaysia – Pascasarjana UIN Syahada Padangsidimpuan

Kolaborasi Internasional: Program Studi Tadris Matematika Pascasarjana UIN Syahada Padangsidimpuan Laksanakan Penelitian dan PKM di Sekolah Menengah Islam Al-Amin Gombak, Kuala Lumpur, Malaysia

Gombak, Kuala Lumpur, Pada tanggal 26 Juni hingga 28 Juni 2024, Program Studi Tadris Matematika Pascasarjana UIN Syahada Padangsidimpuan melaksanakan kegiatan penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Sekolah Menengah Islam Al-Amin Gombak, Kuala Lumpur, Malaysia. Kegiatan ini melibatkan Mahasiswa Pascasarjana Tadris Matematika dan Dosen Tadris Matematika, yakni Dr. Suparni, S.Si., M.Pd, dan Dr. Anita Adinda, M.Pd.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas wawasan akademik melalui kolaborasi internasional. Mahasiswa yang turut serta dalam kegiatan penelitian dan PKM ini berasal dari berbagai semester, yaitu Sakinah Tanjung, Lenni Yunita Harahap, dan Ahmad Arisman Nasution dari semester IV serta Nanda Nasiya Siregar dan Ayu Rahmi Suhaida dari semester II Tadris Matematika Pascasarjana UIN Syahada Padangsidimpuan. Partisipasi mereka dalam kegiatan ini merupakan wujud nyata dari penerapan ilmu yang telah diperoleh selama masa studi, serta kesempatan untuk mengembangkan kemampuan penelitian dan pengabdian di lingkungan yang berbeda.

Penelitian yang dilaksanakan bertema “Comparison of Mathematics Curriculum in Indonesia and Al-Amin Secondary School Malaysia”. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kurikulum matematika di Indonesia dengan kurikulum yang diterapkan di Sekolah Menengah Islam Al-Amin. Kurikulum merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan, yang mencakup berbagai aspek seperti tujuan pendidikan, materi pembelajaran, metode pengajaran, dan evaluasi. Dengan memahami perbedaan dan persamaan kurikulum di kedua negara, diharapkan dapat ditemukan praktik-praktik terbaik yang dapat diadaptasi dan diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Dalam pelaksanaannya, penelitian ini melibatkan wawancara dengan pengetua sekolah, Puan Alia Binti Md Nazir, guru Tuan Taufik dan siswa, observasi kelas, serta analisis dokumen kurikulum. Dr. Suparni, S.Si., M.Pd, dan Dr. Anita Adinda, M.Pd memimpin kegiatan ini dengan dukungan penuh dari para mahasiswa. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan kurikulum matematika di Indonesia, serta memperkaya wawasan tentang pendekatan pendidikan matematika di Malaysia.

Selain penelitian, kegiatan PKM yang dilakukan mengusung tema “Introduction of Parompa Sadun as Teaching Material for Plane Geometry in Al-Amin School”. Tema ini bertujuan untuk memperkenalkan Parompa Sadun, sebuah budaya Suku Batak Sumatera Utara Indonesia, sebagai bahan ajar dalam pembelajaran geometri datar di sekolah tersebut. Parompa Sadun adalah salah satu bentuk seni kain tradisional Batak yang memiliki pola dan simetri yang menarik, sehingga dapat dijadikan media yang efektif dalam mengajarkan konsep-konsep geometri.

Proses pengenalan Parompa Sadun dalam pembelajaran matematika ini melibatkan demonstrasi langsung, penggunaan visualisasi, serta penerapan konsep-konsep geometri dalam pola-pola yang ada pada Parompa Sadun. Para siswa Sekolah Menengah Islam Al-Amin sangat antusias dengan pengenalan budaya Batak Sumut yang diaplikasikan dalam pembelajaran matematika. Mereka tidak hanya belajar tentang geometri, tetapi juga mendapatkan wawasan baru tentang kekayaan budaya Indonesia.

Kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi antar budaya. Dr. Suparni, S.Si., M.Pd, dan Dr. Anita Adinda, M.Pd memberikan bimbingan dan arahan kepada para mahasiswa dalam merancang dan melaksanakan kegiatan PKM ini, memastikan bahwa tujuan pembelajaran tercapai dengan baik dan siswa dapat merasakan manfaat dari kegiatan tersebut.

Kegiatan penelitian dan PKM ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi kedua belah pihak, baik bagi mahasiswa dan Dosen Tadris Matematika UIN Syahada Padangsidimpuan dalam meningkatkan wawasan dan pengalaman penelitian serta pengabdian masyarakat, maupun bagi Sekolah Menengah Islam Al-Amin dalam memperkaya metode pembelajaran mereka. Pengalaman ini tidak hanya menambah pengetahuan akademik, tetapi juga memperkuat hubungan antara Indonesia dan Malaysia dalam bidang pendidikan.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan kerjasama antara UIN Syahada Padangsidimpuan dan Sekolah Menengah Islam Al-Amin Gombak, Kuala Lumpur, Malaysia dapat terus terjalin dengan baik, membawa manfaat dan perkembangan positif bagi dunia pendidikan. Para mahasiswa yang terlibat juga diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang membawa inovasi dan peningkatan kualitas dalam pendidikan matematika di Indonesia.

Selain itu, hasil dari penelitian ini akan dipublikasikan dalam jurnal ilmiah internasional untuk berbagi temuan dan rekomendasi kepada komunitas akademik yang lebih luas. Ini merupakan langkah awal untuk membuka peluang kolaborasi lebih lanjut dalam penelitian dan pengembangan pendidikan antara kedua negara.

Secara keseluruhan, kegiatan ini merupakan refleksi dari komitmen UIN Syahada Padangsidimpuan untuk terus berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan, baik di tingkat nasional maupun internasional, melalui penelitian yang berkualitas dan kegiatan pengabdian masyarakat yang inovatif.

(anita adinda)