Sabtu, 23 November 2024 Pascasarjana UIN Syahada Padangsidimpuan
Telepon
(0634) 22080
E-Mail
pascasarjana@uinsyahada.ac.id
Alamat
Jl. T. Rizal Nurdin, Km. 4,5 Sihitang, Padangsidimpuan
Flipbook Media Pemberlajaran Matematika Zaman Now – Pascasarjana UIN Syahada Padangsidimpuan

Flipbook Media Pemberlajaran Matematika Zaman Now

Penulis : Nanda Nasiya Siregar (2350500006)
 

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dipelajari disekolah, mulai dari Sekolah Dasar sampai ke perguruan tinggi Tetapi dibandingkan dengan materi yang lainnya matematika lebih sering dianggap sulit dan sangat membosankan oleh peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung. Dalam jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Perguruan Tinggi salah satu materi yang dipelajarinya yaitu geometri, dimana geometri ini mempelajari tentang bentuk, garis dan ruang yang dapat ditempati. Pembelajaran matematika pada geometri ini mempelajari tentang bidang, bangun datar, bangun ruang, kesebangunan, semi putar, semi lipat, garis, sudut dan kongruens. Saat ini banyak ditemukan masalah peserta didik saat mempelajari matematika terutama dalam memahami konsep materi bagun datar. Seperti salah satunya adalah memahami konsep pada pokok pembelajaran matematika materi bangun datar.

Menurut pengalaman penulis, peserta didik merasa kesulitan dalam menjawab pertanyaan ataupun soal yang diberikan oleh pendidik, hal tersebut dikarenakan kurangnya kemampuan pemahaman pada materi bangun datar, kurang teliti dalam menghitung perkalian, serta kurang memadainya media pembelajaran matematika pada materi bangun datar. Untuk mengatasi beberapa kendala tersebut maka diperlukan variasi dalam proses pembelajaran berlangsung guna menarik perhatian peserta didik agar minat belajar pada peserta didik dapat bertambah. Salah satunya yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang dianggap efektif dan serta menggunakan media pembelajaran agar saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik tidak merasa bosan dan tertarik untuk belajar.

Manusia memerlukan pendidikan dan pembelajaran guna meningkatkan potensi diri serta diharapkan dapat membantu kegiatan pembelajaran di sekolah. Pendidikan dimaksudkan menyiapkan siswa untuk memberikan kesinambungan kehidupan. Dalam metode pembelajaran seharusnya menggunakan model pengajaran yang berbasis teknologi yang berkembang saat ini untuk media pembelajaran dalam urutan proses mulai dari perancangan sampai disusunnya materi mengajar. Media pembelajaran ini yang berkaitan dengan tekologi merupakan salah satu komponen yang didalamnya terkandung dengan perkembangan teknologi digital melahirkan sistem sumber belajar yang bermanfaat guna membantu proses belajar. Ketiadaan sebuah inovasi teknologi dalam pemanfaatan materi yang menyebabkan tidak adanya integrasi, menjadikan pencapaian tujuan pembelajaran kurang optimal dan penguasaan kompetensi – kompetensi oleh peserta didik.

Saat ini masa era digital, diperlukan penyesuaian pendidikan dengan kemajuan dan perkembangan teknologi, dimana kemampuan teknologi dalam membuat media ajar baru dan menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman diperlukan untuk memberikan kelancaran kegiatan proses belajar mengajar. Media ajar yang baru dapat dibuat oleh kecanggihan teknologi tetapi harus dirancang sesuai dengan kebutuhan siswa. Penggunaan teknologi digital sudah melampaui proses pembaharuan proses pembelajaran. Disamping itu, teknologi sudah terintegrasi dengan berbagai peluang siswa untuk memanfaatkan akses sumber belajar di dalam maupun di luar sekolah. Keuntungan menggunakan teknologi digital yaitu memberikan dampak proses pembelajaran berkembang. Perkembangan Teknologi digital yang memiliki kemampun mengemas, mengolah, menyebarkan serta menampilkan penjelasan pembelajaran baik multimedia, audio, visual bahkan audiovisual saat ini memiliki kemampuan mewujudkan virtual learning. Jenis multimedia dalam situasi pembelajaran saat ini dimungkinkan digunakan oleh pendidik untuk membantu pembuatan media-media ajar yang dibutuhkan. Pembelajaran interaktif yang terintegrasi serta berbasis teknologi mempunyai nilai tambah, dibandingkan materi pembelajaran berbentuk modul. Untuk mengaktifkan siswa supaya memiliki motivasi tinggi maka pendidik harus membuat model pembelajaran yang interaktif guna mendukung ketertarikan pada tampilan dengan suguhan tampilan teks, gambar, video, sound, dan animasi.

Media pembelajaran yang dibuat menggunakan aplikasi digital flipbook merupakan proses pembuatan bahan ajar yang relatif mudah sebagai alternatif untuk membantu siswa dalam melakukan pembelajaran di era revolusi industry 4.0, banyak variasi dan model yang menarik dalam segi tampilan baik secara visual ataupun audiovisual. Maka dari itu pendidik yang menggunakan media ajar dengan proses pembuatan dari aplikasi digital flipbook ini merupakan sebuah penyelesaian terbaik guna memberikan tampilan situasi belajar di kelas lebih efektif dan efisien dimana bahan ajar yang ditampilkan lebih bermakna, informatif, interaktif dan membuat semangat siswa secara pengajaran lebih baik sesuai dengan yang disampaikan oleh pendidik. Penggunaan media pembelajaran sangat baik terhadap keberlangsungan proses belajar karena bisa mengalihkan perhatian siswa, memotivasi siswa, membuat siswa aktif. Penggunaan media yang kurang sesuai menyebabkan siswa merasa bosan terhadap materi tersebut.

Flipbook adalah media yang buat secara terstruktur yang terdapat tulisan, gambar suara yang tampilkan dalam format digital dengan unsur multimedia sehingga membuat pengguna lebih aktif . Berdasarkan pengertian diatas Flipbook adalah sebuah buku digital yang dapat menyajikan teks, gambar, suara, video yang dirancang secara semenarik mungkin untuk meningkatkan antusiame serta pemahaman siswa dalam proses belajar mengajar.

Manfaat dari media Flipbook untuk siswa dapat mempermudah siswa memahami bangun datar atau bangun ruang, menemukan karakteristik tiap-tiap dari bangun datar atau bangun ruang, oleh sebab itu penting banget diterapkan media Flipbook dalam meningkatkan minat membaca siswa dalam materi geometri agar pembelajaran lebih bermakna komunikatif, interaktif dan efektif. Sehingga siswa dapat meningkat kemampuan memhami materi geometri dengan baik karena desain media Flipbook yang sesuai dengan karakter anak terdapat gambar, warna-warna, suara sehingga media Flipbook dapat menyesuaikan gaya belajar terhadap materi yang akan disampaikan oleh guru.

Terdapat beberapa kelebihan dari media pembelajaran Flipbook yaitu : (1) dapat menyampailan materi belajar dengan singkat dan jelas (2) dapat digunakan dimana saja (3) praktis (4)dapat meningkatkan semangat dan minat belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa kelebihan media Flipbook dapat penyampaian materi lebih ringkas dan jelas, dapat diakses dimana saja, dan mudah dibawa kemana-mana. Media Flipbook memiliki manfaat tersendiri bagi siswa dengan tampilannya yang menarik menjadikan siswa aktif karna siswa ikutserta dalam mencoba media Flipbook, Siswa dapat lebih efektif mendalami materi yang sedang dipelajari, konsentrasi siswa menjadi terfokus pada media Flipbook, pembelajaran menjadi lebih penting dan esensial sehingga siswa tidak mudah lelah selama pengalaman belajar. Secara umum, perangkat multimedia ini juga dapat memasukkan file berupa pdf, gambar, video atau animasi sehingga hasilnya bisa menjadi lebih menarik. Flipbook juga sudah menyediakan desain template dan fitur lainnya seperti background, tombol control, navigasi bar, hyperlink dan back sound. Dengan adanya fitur-fitur ini dapat membuat peserta didik membaca sambil merasakan layaknya membuka buku secara fisik karena ada animasi saat perpindahan halaman.